Cara Masak Cumi Basah Paling Mudah Anti Bau Amis

Cara Masak Cumi Basah Paling Mudah Anti Bau Amis

Bagaimana cara masak cumi basah yang baik dan benar agar tidak berbau amis? Jawabannya adalah dengan menggunakan bahan alami sebagai pembersih dan menyedap. Agar Anda tidak sampai salah dalam mengolah seafood yang satu ini, berikut adalah beberapa cara masak cumi basah yang dapat dilakukan.

  1. Mencuci Bersih Dengan Air Mengalir

Cara yang pertama adalah mencuci cumi dengan air bersih yang mengalir. Setelah dipisahkan dari airnya, maka Anda bisa menyalakan kran untuk mencuci cumi tersebut. Akan lebih baik jika cumi-cumi tersebut bisa dipotong dan dikuliti terlebih dahulu.

Ketika mencuci, jangan lupa untuk membuang kotoran yang ada di sekitar bagian pelampung cumi yang menyerupai plastik. Ya, cumi memiliki lapisan mirip plastik yang berfungsi sebagai pelampung. Bagian ini tidak diperlukan dalam masakan, sehingga bisa dibuang ketika proses pembersihan.

  1. Rendam Dengan Air Lemon

Kemudian, setelah dicuci bersih menggunakan air mengalir, Anda dapat merendamnya dengan memakai air lemon. Jika tidak ada air lemon, maka sebagai penggantinya bisa dipakai air perasan jeruk nipis. Rendam selama beberapa menit untuk memastikan bau amisnya hilang.

Sebaiknya jangan menggunakan lemon yang diblender, karena rasa pahit dalam kulit lemon akan menyatu dan bisa mempengaruhi rasa cumi. Akan lebih baik jika Anda menggunakan alat pemeras jeruk yang manual sehingga hanya saripatinya saja yang terpakai.

  1. Bilas, Potong, dan Siapkan Bumbu

Lalu, bilas cumi dengan air mengalir dan potong-potong sesuai selera. Jangan lupa siapkan bumbu yang diperlukan. Untuk membuat masakan cumi basah, maka Anda membutuhkan bawang merah, garam bawang putih, daun jeruk, serai, kunyit, sedikit bubuk jahe, lada dan juga cabai merah.

Jika ingin rasa yang pedas, maka gunakan pula cabai rawit untuk memastikan rasanya sesuai di lidah. Kemudian, lumatkan semua bumbu selain daun jeruk dan serai yang hanya digeprek dan diikat saja.

  1. Tumis Bumbu Sampai Harum dan Masukkan Air Hingga Mendidih

Langkah selanjutnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Kemudian, masukkan air hingga mendidih ke dalamnya. Pastikan air sudah mendidih dan baunya sudah tercium. Baru masukkan potongan cumi yang sudah bersih dan tidak amis lagi. Tambahkan serai dan juga daun jeruk agar aromanya semakin terasa.

  1. Buat Masakan Cumi Basah Berkuah atau Semi Kuah

Cara masak cumi basah bisa berfokus pada kuahnya. Anda bisa memilih kuah yang banyak maupun sedikit, seperti kuah capcay. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sayur dan juga lada bubuk agar rasanya semakin tajam. Penyedap dan juga sedikit gula bagi Anda yang suka juga sangat bisa dimasukkan.

  1. Sajikan Selagi Hangat

Setelah cumi basah sudah matang, maka selanjutnya Anda dapat menyajikan selagi hangat. Sajian ini sangat banyak mengandung gizi dan bermanfaat untuk pertumbuhan. Selain itu, jika Anda memasukkan sayur ke dalamnya tentu akan semakin banyak nutrisi bisa didapat dari makanan ini.

Apakah Anda ingin mencoba resep yang cukup mudah tersebut? Ya, cara masak cumi basah memang cukup mudah dilakukan. Apalagi bahannya juga sangat mudah diolah. Asalkan Anda melakukan teknik pencucian dan perendaman secara tepat, maka bau amis khas seafood akan hilang dan tekstur daging cumi akan semakin empuk. Bukan hanya itu, bumbu juga akan lebih mudah meresap ke seluruh bagian daging cumi tersebut.