4 Trik Bayi Tetap Mendapatkan Asupan Nutrisi Selama Ibu Bekerja

Sebagai ibu yang harus tetap bekerja setelah menjalani cuti melahirkan, Anda mungkin khawatir dengan perkembangan buah hati tercinta. Jangan sampai anak Anda mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan karena kesibukan bekerja yang terlalu padat. Sebelum beli susu formula, Anda wajib tahu trik memberikan ASI eksklusif selama bekerja.

Trik memberikan ASI eksklusif untuk bayi

Wanita karir tetap bisa memberikan ASI eksklusif untuk anak yang masih tahap menyusui di rumah. Maksimalkan waktu 6 bulan pertama anak untuk mendapatkan nutrisi terbaik dalam hidupnya. Anda bisa mencoba 4 trik sederhana agar tetap lancar menyusui selama bekerja yaitu :

1.                 Rutin memompa ASI

Selama Anda meninggalkan buah hati sejak kembali masuk ke kantor, sebaiknya tetap memompa ASI secara rutin. Memberikan ASI eksklusif secara langsung memang lebih bermanfaat untuk buah hati baik kandungan gizi lebih lengkap serta mendekatkan hubungan anak dan ibu, tetapi ASI perah masih punya kandungan gizi lebih lengkap dan tinggi dibandingkan dengan susu formula.

Toh, ibu menyusui wajib tetap melakukan pompa ASI setidaknya 2-3 jam untuk mencegah saluran pada payudara tersumbat. Anda bisa membawa tas ASI lengkap termasuk penyimpanan ASI selama di kantor. Anda bisa membeli tas ASI yang berkualitas di toko perlengkapan bayi yang terpercaya.

2.                 Simpan ASI perah dengan baik

ASI harus selalu steril guna menjaga kualitas gizi untuk buah hati tercinta Anda, ya! Pastikan punya pompa ASI untuk kebutuhan di rumah dan kantor, termasuk jaga kualitas di kulkas. Jika ASI perah disimpan di kulkas bawah, Anda bisa menyimpan dalam waktu lima hari. Jika disimpan di freezer, ASI perah bisa tahan berbulan-bulan dan perlu diletakkan di kulkas bawah minimal sehari semalam sebelum diberikan pada bayi.

3.                 Wajib menerapkan pola makan sehat

Ibu yang bekerja perlu makan makanan sehat guna mendukung kualitas ASI selama menyusui. Jika tuntutan pekerjaan memaksa Anda untuk memiliki tubuh yang langsing, pastikan mematuhi aturan pola diet yang sehat. Jangan sampai kualitas ASI mengalami penurunan sehingga berdampak pada produktivitas ASI yang berkurang.

4.                 Menghindari stress berlebihan

Jangan sampai bekerja di kantor dan tekanan pekerjaan membuat ibu bekerja menjadi lebih stress. Pasalnya, stress bisa membuat produksi ASI mengalami penurunan sehingga anak kekurangan nutrisi. Mungkin Anda bisa menjadikan beli susu formula sebagai nutrisi tambahan setelah anak berusia 6 bulan keatas. Toh, anak sudah mulai mengkonsumsi MPASI yang bisa memberikan nutrisi pelengkap sesuai perkembangan usia.

ASI eksklusif merupakan nutrisi paling lengkap yang dibutuhkan oleh buah hati tercinta Anda. Jangan biarkan pekerjaan Anda yang sibuk membuat prioritas si kecil terganggu. Meskipun Anda bisa beli susu formula, namun tetap berikan ASI sesering mungkin untuk mendukung pertumbuhan anak yang maksimal.